.

21 November 2012

Home » , » FILOSOFI MARKETING DALAM FILM LOOPER

FILOSOFI MARKETING DALAM FILM LOOPER

Anda sudah menonton film dengan judul LOOPER,kalau belum bisa sewa cdnya atau menonton dibioskop kalau bioskop dikota anda sedang memutar film ini.Selain bukan hanya karena bintangnya adalah Bruce Willis tetapi karena film ini menceritakan tentang mesin waktu yang sungguh luar biasa.
Film ini menceritakan bahwa pada tahun 2074 nanti akan ada pemacu waktu yang bisa membawa orang kesuatu tempat tiga puluh tahun yang akan datang.Akan tetapi sangat disayangkan mesin canggih itu hanya dikuasai oleh para mafia kaya yang memperkerjakan para Looper,istilah bagi para pembunuh bayaran yang tugasnya mengeksekusi orang-orang yang diincar oleh para mafia.film ini bisa memaksa kita untuk merenung bahkan berandai-andai jadi Looper yang bisa melihat beberapa tahun kedepan.Tidak perlu tigapuluh tahun seperti dalam film itu.Satu tahun kedepanpun sudah cukup.Bisa mengetahui situasi satu tahun yang akan datang,dimana posisi kita berada dan bagaimana kita menghadapi persaingan bisnis yang akan datang.Sehingga kita bisa melakukan sesuatu yang bersifat to be.

Perubahan teknologi yang sangat cepat yang membuat persaingan bisnispun semakin cepat,seperti halnya teknologi informasi yang jelas mempengaruhi sikap dan perilaku manusia,tetapi juga ada teknologi biologi dan material yang tentunya akan semakin memacu terjadinya inovasi-inovasi baru.
Dua komponen utama dalam marketing yang akan langsung terpengaruh adalah consumer dan competitor.Dengan memiliki mesin waktu seperti itu para maketers mengintip perkembangan apa saja yang terjadi pada masa mendatang.
Lihat saja baru-baru ini kita menyaksikan Ericsson dihajar Nokia,Lantas gantian Nokia yang di sikat Blacberry,lantas Blacberry harus berjuag mati- matian melawan iPhone.Sedangkan iPhone harus berjuang untuk mempertahankan hidup melawan Samsung.Belum lagi berhadapan dengan Apple.Itu semua karena basis persaingan beralih terus dari sekedar kualitas terus kedesain.Dari desain kemasaging,dari masaging ke virtual store.Dan sekarang ke Apps,lantas tahun yang akan datang apa lagi ?
Hasrat pelanggaran pun terus berubah.marketer yang tidak punya mesin waktupun akan diam saja dan hanya mensyukuri apa yang dia terima pada saat ini.Sedangkan yang punya mesin waktu akan terus berubah dan akan mempersiapkan diri untuk waktu yang akan datang dan tahu apa yang harus dilakukan.Seorang marketers memang harus selalu mempunyai visi kedepan(visioner).strategiz,berjiwa interprener sejati.Visioner untuk bisa melihat peta persaingan yang akan datang ,strategis karena akan menentukan investasi apa yang akan ditentukan.Dan berjiwa interprener sejati yang mampu meneropong dan keberanian ambil resiko dalam setiap tidakannnya.
Dalam Film Looper si tokoh utama berjuang mati-matian untuk menghindari kematiannya sendiri.Di dunia marketing kita akan tersapu dengan sendirinya kalau kita tidak melakukan apa-apa.Sebagai seorang marketing kita harus jeli memanfaatkan segala kesempatan dan berpikir jauh kedepan untuk menyiapkan strategi dalam menghadapi persaingan(terinspirasi dari tulisan Hermawan Kartajaya dalam judul Menjadi Looper Marketing)
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar